PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Liliana Dewi SEKOLAH TINGGI PARIWISATA BOGOR

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.74

Abstract

Kabupaten Bogor merupakan salah satu kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat, dengan luas wilayah 298, 838, 31 ha, memiliki 27 desa wisata. Desa Malasari, desa Cimande, dan desa Ciseeng merupakan tiga desa di Kabupaten Bogor yang memiliki keunikan dan menjadi sector unggulan lokal. Desa Malasari unggul dengan potensi perkebunan, desa Cimande unik akan budaya dan unggul di sektor pertanian, desa Ciseeng menjadi sentra perikanan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi potensi wisata dari ketiga desa wisata, dan untuk merumuskan rencana strategis pengembangan desa wisata di Kabupaten Bogor. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Pada tahap perumusan strategi pengembangan desa wisata Malasari, desa Cimande dan desa Ciseeng di Kabupaten Bogor, peneliti menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Kabupaten Bogor memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata.

    

Kata Kunci: pariwisata, desa wisata, desa Malasari, desa Cimande, desa Ciseeng

References

ASEAN. (2016). ASEAN Homestay Syandard. Jakarta: ASEAN.

Bhudianto, W. (2012). Sistem Ekonomi Kerakyatan Dalam Globalisasi Perekonomian. Transformasi, XIV No. 22.

Darmawan. (2016). Strategi Pemasaran Pariwisata Dalam Upaya Menjaga Keunikan Desa Wisata (Studi Kasus Di DEsa Wisata Samiran, Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali).

Dewi, L. (2019, April). Enhancing Local Economic Through Rural Tourism: A Case Study At Ciseeng Village. Jurnal Sosial Humaniora, 10, 19.

Harrison, J. (2010). Essentials of Strategic Planning in Healthcare. Health Administrattion Press.

Rufat. (2012). The Importance of Transportation in Tourism Sector. Silk Road International Conference Challenges and Opportunities of Sustainable Economic Development in Eurasian Countries.

Soekarya, T. (2011). Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Melalui Desa Wisata, Suatu Masukan Untuk Pengembangan Di Kakaskasen Dua, Teririp dan Punten. Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Sorupia. (2005). Rethinking The ROle of Transportation in Tourism. Proceeding of THe Eastern Asia Society for Transportation Studies, (pp. 1767-1777).

Utama, I. (2016). Pengantar Industri Pariwisata Dan Hospitalitas Chapter - 12 KOmunikasi Pemasaran. In Researchgate. Bali.

Wiendu, N. (1993). Concept, Perspective and Challenges. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Dewi, L. (2019). PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KABUPATEN BOGOR. Tourism Scientific Journal, 5(1), 48–65. https://doi.org/10.32659/tsj.v5i1.74

Issue

Section

Articles

Citation Check