Pantai Karang Indah dan Peran Masyarakat Lokal: Menyongsong Era Baru Pariwisata Selayar

Penulis

  • Firda Rahmayanti Politeknik Negeri Balikpapan
  • Ichlasul Amal Politeknik Pariwisata Makassar
  • Yogiana Mulyani Politeknik Negeri Balikpapan
  • Abd Rahim M Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.32659/tsj.v10i1.384

Kata Kunci:

New Era Tourism, Karang Indah Beach, Selayar Islands Regency, South Sulawesi Tourism

Abstrak

Tourism is a rapidly growing industry globally, contributing significantly to economic development. However, many regions in Indonesia, including South Sulawesi Province, have not optimized their tourism potential. Karang Indah Beach in Selayar Regency is one such destination, offering natural beauty and unique features but struggling to maximize its appeal due to limited local community participation and yet-to-be strategic planning. This research highlights the importance of the Karang Indah Beach strategy, with its natural features such as coral reefs, freshwater springs, and santigi bonsai trees. Despite its appeal and increasing number of visitors, challenges such as limited infrastructure and local community involvement are hindering its full potential. This study uses a qualitative descriptive approach, utilizing primary data from interviews and direct observations of managers, local communities, and visitors, as well as secondary data from supporting documents. SWOT analysis is applied to evaluate the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that have an impact on the development of Karang Indah Beach. The results of the study show that to optimize the tourism potential of Karang Indah Beach, a comprehensive development strategy that integrates community involvement, infrastructure improvement, and effective promotion is needed.

Referensi

Afrizal, M. A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/metode-penelitian-kualitatif-afrizal/

Al Fajar, M. R., & Ifantri, I. (2021). Strategi Promosi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bima Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1), 77–95.

Bakri, R. A., Ahmad, I. H., Saputra, A., Saiful, S., & Sashari, A. R. (2023). Integrasi Kearifan Lokal dalam Upaya Optimalisasi Ekowisata di Pantai Bira: Menuju Summit Tourism Invesment 2023. Madaniya, 4(4), 1795–1801.

Boentoro, Y., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Viral Marketing (Studi Kasus Kopi Kwang Koan). Prologia, 4(1), 141–146.

Darussalam, A. Z., Syarifuddin, S., Rusanti, E., & Tajang, A. D. (2021). Pengembangan Manajemen Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau’, Sipakainge’, Sipakalebbi’. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 96– 105.

Fadilla, H. (2024). Pengembangan Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah di Indonesia. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), 36–43.

Hawanda, P., Nasution, I., & Harahap, N. (2024). Analisis Dampak Pembangunan Pariwisata Pasar Kamu Pada Aspek Ekonomi Dan Sosial Budaya Masyarakat. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 27–36.

Hikmah, N., Syaputri, M. H., Hudi, I., Safitra, N. S., Hulfa, J. A., Rosita, R., & Afifi, L. (2024). Merangkai Persatuan Dan Kesatuan Indonesia Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika. Kultura:

Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(9), 240–246.

Kaharto, K., & Abbas, A. (2024). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Ekowisata Wilayah Pesisir Di Kepulauan Selayar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 386–397.

Kartika, T., & Muchtar, A. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 20–25.

Khongrat, E. (2023). Dampak Fasilitas Pertemuan Citra Lokasi Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Acara Oleh Event Organizer di Destinasi Jakarta. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 274–282.

Kristanti, L. T., & Farida, N. (2016). Pengaruh Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata terhadap Niat Berperilaku Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Museum Kereta Api Ambarawa). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 117–126.

Kurniawan, R. (2024). Strategi Pemasaran Pariwisata Untuk

Meningkatkan Pariwisata Lokal. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9867–9877.

Naftali, D. P. S., Kartika, T., & Edison, E. (2024). Strategi Pengembangan Potemsi Wellness Tourism di Desa Canden Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. JoTHH, 1(1), 54–67.

Parma, I. P. G. (2018). Pariwisata Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 1(1), 33–51.

Permadi, L. A. , D. S. , R. W. , & W. S. (2018). Persepsi Dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Dan Prasarana Wisata

Halal Di Lombok (Studi Kasus Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika). Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora (JSEH), 4, 2461–0720.

Rahmayanti, F., Rahman, F. A., Munajat, M. D. E., & Novianti, E. (2023). Planning and Mapping of Lunjen Village, Buntu Batu District, Enrekang Regency. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 72–80.

Ramdhani, A. M., & Andriana, A. N. (2023). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Biru Kersik Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Menggunakan Analisis SWOT. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6674–6687.

Soamole, F., & Panjaitan, I. P. (2022). Sosialisasi Sadar Wisata di Destinasi Wisata Pantai Lapasi Halmahera Barat. Journal Of Khairun Community Services, 2(2).

Sutiarso, M. A. (2018). Pengembangan Pariwisata Yang Berkelanjutan Melalui Ekowisata.

Utami, R. C., & Hartono, D. (2016). Analisis Daya saing Harga Pariwisata Indonesia: Pendekatan Elastisitas Permintaan. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 11(1), 93–118.

Waani, H. F. (2016). Sosial Budaya Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).

Wahyudi, H. (2013). Pariwisata, Pengetasan Kemiskinan dan MDGs. Diakses Dari Http://Www. Pustaka. Ut. Ac. Id/Dev25/Pdfprosiding2/Fisip201219. Pdf Pada Tanggal, 27.

Yakup, A. P., & Haryanto, T. (2019). Pengaruh pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bina Ekonomi, 23(2), 39–47.

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

RahmayantiF., AmalI., MulyaniY., & Rahim MA. (2024). Pantai Karang Indah dan Peran Masyarakat Lokal: Menyongsong Era Baru Pariwisata Selayar. Tourism Scientific Journal, 10(1), 149-162. https://doi.org/10.32659/tsj.v10i1.384

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama